7 Makanan Khas Malaysia yang Harus Dicoba

7 Makanan Khas Malaysia yang Harus Dicoba

Makanan Khas Malaysia – Kali ini saya akan menyajikan informasi mengenai makanan khas dari negara  paling dekat dengan Indonesia. Negara ini dikatakan satu rumpun dengan Indonesia, sehingga beberapa dari makanan khasnya, memiliki kemiripan dengan makanan khas di negara kita.

Langsung saja saya akan bahas satu persatu mengenai 7 makanan khas Malaysia yang perlu diketahui oleh Anda.

Nasi lemak

sbs.com.au

Nasi lemak merupakan kuliner yang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Nasi ini sudah cukup banyak dijual di Indonesia. Nasi lemak merupakan kuliner yang dibuat dari nasi hasil rendaman dalam krim kelapa. Setelah direndam, nasi dikukus hingga matang. Nasi lemak dilengkapi dengan beragam rempah-rempah, seperti: pandan, jahe, dan sereh. Selain itu, nasi lemak cocok disajikan dengan sambal goreng teri kacang, rendang sapi goreng, tumis kangkung, telur rebus, lauk ayam goreng, dan sambal sotong. Jika Anda belum pernah mencoba nasi lemak ini, dibayangkan saja rasanya seperti nasi uduk, ataupun nasi gemuk khas dari daerah Jambi. Dijamin, lidah Anda akan dimanjakan dengan mencicipi nasi lemak ini.

Nasi Kandar

thestar.com.my

Nasi Kandar memiliki rasa yang sangat lezat, tidak kalah dengan nasi Lemak. Nasi Kandar adalah kuliner yang terdiri dari nasi putih dan dilumuri dengan kuah kare kental yang gurih. Selain itu, nasi Kandar disajikan bersama dengan daging kambing, telur, cumi-cumi goreng, jeroan, ayam goreng, dan udang goreng. Nasi Kandar juga dilengkapi sayuran, seperti pare ataupun tumis terong. Jika Anda mencoba mencari Nasi Kandar, biasanya Nasi ini dijual oleh pedagang keturunan India. Anda bisa memilih jenis kuah kare Anda sesuai selera.

Palak Paneer

flavouroma.com

Sama seperti Nasi Kandar, Palak Paneer banyak dijual oleh pedagang keturunan India. Palak Paneer merupakan kuliner dengan kuah kari berwarna hijau yang berasal dari olahan bayam segar. Selain itu, keju kambing menjadi tambahan agar kuah kari semakin lezat. Kuliner ini biasanya menjadi teman santap roti khas India, semacam: chapatis ataupun bhaturas. Ingat, jangan lihat dari tampilannya ya! Rasanya  dijamin membuat lidah Anda ketagihan.

Asam Laksa Penang

foodadvisor.com

Bagi Anda yang menyukai kuliner dengan citarasa pedas, ini adalah salah satu rekomendasi bagi Anda. Makanan ini terdiri dari mi ataupun bihun yang dilumuri dengan kuah kental asam pedas. Tidak hanya dilumuri dengan kuah kental asam pedas, kuliner ini ditaburi juga dengan topping berupa ikan mackerel segar, selada, nanas, mentimun, dan juga cabai. Asam Laksa Penang merupakan makanan hasil kombinasi dari masakan Cina dan Melayu. Pokoknya, jangan lewatkan makanan ini karena Anda akan merasakan sensasi kelezatan masakan yang dikombinasikan dengan rasa pedas yang membuat lidah ketagihan.

Nasi Kerabu

foodadvisor.my

Nasi ini terbilang berbeda dan unik dibandingkan dengan kuliner yang lainnya. Hal ini lantaran Nasi Kerabu berwarna asal kebiruan, sehingga membuat orang penasaran akan rasanya. Nah, nasi khas negeri Jiran ini berwarna biru karena penggunaan kelopak bunga saat proses memasaknya. Biasanya, Nasi Kerabu disantap bersama dengan ikan kering, telur asin, ayam goreng, kerupuk, ayam bakar, dan berbagai macam jenis sayuran. Namun, saat ini pewarna alami Nasi Kerabu sudah jarang ditemukan sehingga lebih sering diganti dengan nasi putih biasa, nasi kuning, atau nasi hitam.

Manok Pansoh

hungryforever.com

Anda pernah mencoba makanan khas Manado bernama Ayam Buluh dimana ayam dimasak dalam buluh atau bambu? Ternyata, di Malaysia pun Anda bisa mendapati ini dengan nama Manok Pansoh. Makanan ini menjadi hidangan tradisional kaum Iban, di kawasan Serawak, Malaysia. Manok Pansoh memanggang ayam di dalam seruas bambu dengan ditambahkan bumbu-bumbu penyedap.

Nah, saat memasak manok Pansoh, pertama kali bagian dalam bambu dibersihkan. Selanjutnya, lapisan dari daun pisang dimasukan ke dalam bagian bambu yang sudah dibersihkan tadi. Permukaan bambu ditutup dengan daun ubi kayu agar uap panas yang ada di dalam tidak keluar. Selain ayam, Anda bisa menggunakan jenis daging yang lainnya.

Keropok Lekor

foodadvisor.my

Bila hidangan yang sudah dibahas sebelumnya lebih banyak sebagai makanan berat, kali ini Keropok Lekor merupakan hidangan khas Melayu Malaysia yang dijadikan cemilan. Keropok Lekor terkendal di kawasan pantai timur Malaysia, salah satunya adalah daerah Terengganu dimana di daerah ini sejak lama sudah dikenal produki Keropok Lekor. Kerepok Lekor memiliki tampilan seperti otak-otak dan dibuat dengan campuran tepung sagu dan ikan yang dibumbui garam dan gula. Selanjutnya, saat adonan digoreng dan matang, Anda akan melihat bahwa Keropok Lekor berwarna kemerahan gelap namun dengan rasa yang amis. Bila Anda sedang mencoba makanan ini, sebaiknya disajikan dengan hangat dan ditemani saus cabai atau tomat agar menambah lezatnya citarasa cemilan ini.

Nah, dari 7 makanan khas Malaysia tersebut, semoga bisa Anda coba dan nikmati! Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar