7 Makanan Khas Thailand yang Terkenal

7 Makanan Khas Thailand yang Terkenal

Makanan Khas Thailand yang Terkenal – Pertama kali mendengar tentang Negara ini, hal yang terlintas adalah rivalitas sepakbola. Nah, ternyata dibalik itu semua, tahukah kalian mengenai makanan khas Thailand yang terkenal? Berikut ulasannya untuk Anda.

Kalamae

samuiluxurycollection.com

Kalamae merupakan kudapan dengan tekstur yang lengket dan memiliki rasa yang manis. Kalamae dibuat dari tepung ketan (ketan yang dihaluskan), santan, dan gula palem atau gula pasir yang dimasak dengan diaduk-aduk secara merata. Hasil adukan tersebut membuat adonan menjadi kenyal dan lengket. Setelah matang, adonan dipotong kecil-kecil dan ditaburi wijen.

Ohya, Kalamae biasanya terdiri dari dua varian, yakni Kalamae yang berwarna coklat dan hijau. Coklat bila Kalamae menggunakan gula palem, sedangkan hijau bila menggunakan gula putih dan daun pandan sebagai pewarnanya.

Dimana mendapatkannya? Anda bisa mendapatkan dengan mudah di berbagai pelosok negara Thailand, terutama di Samui. Kalamae banyak terdapat di Samui karena banyak pohon kelapa di daerah ini.


Tom Yam

cookpad.com

Sudah pernah mencoba Tom Yam? ini adalah kuliner yang begitu terkenal dari Thailand. Tom Yam merupakan sup khas Thailand dengan rempah-rempah yang beragam, seperti serai, jeruk nipis, laos, saus ikan, cabai, dan daun jeruk. Rempah-rempah ini yang membuat rasa sup Tom Yam menjadi begitu kuat. Apalagi, bila ditambah potongan cumi, udang, ataupun jamur sebagai pelengkapnya.

Nah, saat membeli sup Tom Yam ini, Anda yang tidak menyukai pedas perlu menanyakan dulu tingkat kepedasannya ketika memesan karena Tom Yam lebih sering disajikan dengan rasa pedas.


Phad Thai

funwithoutfodmaps.com

Phad Thai bila dilihat secara sepintas, seperti makanan mie pada umumnya. Namun jangan salah, Phad Thai ini konon pertama kali dikenal pada zaman kerajaan Ayutthaya. Phad Thai diyakini bukan berasal dari Thailand, namun dari Cina atau Vietnam. Phad Thai memiliki komposisi yang terdiri dari mie yang terbuat dari beras, tahu, asam jawa, saus ikan, telur, cabai, bawang putih, kacang kedelai, dan gula palem. Bila Anda suka, potongan daging ayam, udang, ataupun kepiting dapat Anda masukkan dalam makanan ini sebagai pelengkap. Bila hendak mencari Phad Thai, Anda akan mudah mencarinya karena makanan ini tersaji mulai dari kaki lima hingga restoran.


Khao Phad

rachelcooksthai.com

Kok mirip Nasi Goreng?

Betul! Khao Phad ini sebenarnya adalah nama yang diberikan orang Thailand untuk nasi Goreng. Tidak jauh berbeda dengan “Khao Phad” khas Indonesia, di Thailand makanan ini sering disajikan bersama dengan potongan timun, selada, potongan jeruk, dan potongan tomat. Penyajian Khao Phad biasanya dilengkapi juga dengan potongan daging sesuai pesanan pembeli. Berbeda dengan Phad Thai, Khao Phad tidak berasa pedas sehingga Anda yang tidak menyukai pedas bisa memilih makanan ini sebagai salah satu opsi makan Anda!


Som Tam

brasswok.com

Setelah mie dan nasi, Thailand juga memiliki kuliner yang berjenis salad. Som Tam merupakan salad yang terbuat dari serutan pepaya muda. Serutan ini kemudian dibumbui cabai, gula palem, saus ikan, dan perasan jeruk nipis. Som Tam dapat dilengkapi dengan udang kering, tomat, kacang pajang, terung bulat, dan tumbukan kacang sangrai. Som Tam sangat cocok bila ingin dinikmati bersama dengan teman ataupun keluarga.


Massaman Curry

thespruceeats.com

Makanan ini ternyata sudah dikenal sejak abad ke-17 di Thailand. Massam Curry atau kari Massaman ini biasanya disajikan bersama dengan potongan ayam ataupun daging sapi. Selain itu, makanan ini terdiri dari potongan kentang, wortel, kapulaga, kayu manis, kembang lawang, jintan putih, daun salam, dan pala. Kari Massaman dijamin membuat lidah Anda ketagihan untuk mencicipinya lagi.


Kai Phad Med Ma Muang

ucan-thaifood.blogspot.com

Kuliner yang satu ini memiliki nama yang panjang bila dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, Kai Phad Med Ma Muang merupakan hidangan yang terbuat dari bumbu cabai kering yang dipadukan dengan paprika merah atau hijau, bawang putih, daun bawang, serta beberapa rempah-rempah khas Thailand. Selanjutnya, bumbu ini dicampurkan dengan potongan ayam dan kacang mete. Hidangan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat.


Sekian informasi yang bisa saya bagikan mengenai makanan khas terkenal dari Thailand. Semoga, bermanfaat!

Tinggalkan komentar